6 Tips Pilih Produk Waterproofing untuk Solusi Permasalahan Atap Dak Beton Exposed

by - September 26, 2024

Ketika hendak melapisi atap dengan produk waterproofing, salah satu pertimbangan yang perlu dilakukan ialah terkait pemilihan produk yang akan digunakan nantinya. Pastikan memilih produk pelapis kedap air yang tepat dan sesuai dengan jenis atap layaknya atap dak beton exposed.

Memilih produk yang sesuai dengan area pengaplikasian ini dinilai penting karena sudah pasti produk tersebut dibuat dengan mempertimbangkan banyak hal. Untuk itu, artikel ini akan mencoba membahas tentang tips-tips yang bisa diaplikasikan ketika sedang mencari produk terbaik untuk digunakan di area atap hunian. Simak pembahasan lengkapnya berikut ini!

Tips Pilih Produk Waterproofing

6 Tips Memilih Produk Waterproofing yang Tepat untuk Atap Dak Beton Exposed

Saat ini, ada banyak sekali jenis atap yang bisa digunakan untuk melindungi rumah. Berbeda jenis atap, maka akan berbeda pula jenis perawatan yang perlu dilakukan. Hal ini juga sebaiknya perlu diperhatikan ketika hendak mengaplikasikan waterproofing pada area atap di rumah.

Beberapa tips yang bisa dipertimbangkan agar bisa menemukan produk pelapis kedap air terbaik dan tepat untuk atap rumah dengan jenis dak beton yang terekspos ialah sebagai berikut.

  • Mempertimbangkan Jenis Atap Dak Beton Exposed

Supaya bisa menemukan produk pelapis kedap air yang tepat untuk atap, maka hal pertama yang perlu dilakukan ialah mempertimbangkan jenis atap yang dimiliki. Pasalnya, saat ini ada banyak jenis waterproofing yang bisa digunakan. 

Untuk itu, perlu melakukan riset agar nantinya waterproofing yang digunakan bisa bekerja dengan maksimal untuk mencegah permasalahan pada atap terutama kebocoran. Apabila hunian memiliki tipe atap dak beton exposed, maka sebaiknya perlu menggunakan produk pelapis kedap air yang sesuai dengan jenis atap tersebut.

  • Melakukan Riset hingga Berkonsultasi dengan Ahli

Supaya lebih yakin terkait produk pelapis anti air untuk atap hunian, maka bisa melakukan riset terlebih dahulu. Kenali lebih dalam tentang jenis-jenis waterproofing, keunggulan-keunggulan yang ditawarkan, hingga mempertimbangkan merek yang berkualitas.

Selain melakukan riset, kita juga bisa mencoba berkonsultasi dengan ahli. Lakukanlah konsultasi dan diskusi dengan ahli terkait jenis waterproofing seperti apa yang akan cocok digunakan untuk atap dak beton di rumah. Dengan melakukan diskusi, maka akan terbantu dalam memutuskan jenis waterproofing yang tepat untuk digunakan.

  • Memilih yang Tahan Lama

Waterproofing dengan kualitas yang baik tentu bisa menawarkan masa ketahanan hingga waktu yang lama. Apabila memilih produk yang tepat, maka waterproofing tersebut bisa melakukan fungsinya dengan maksimal selama lebih dari 10 tahun.

Selain bergantung kepada produknya, masa ketahanan produk pelapis air tersebut juga bisa diperkuat dengan cara atau teknik pemasangan yang tepat. Pastikan melakukan persiapan terhadap permukaan atap agar hasil waterproofing-nya bisa awet. 

Tidak hanya itu, penting juga bagi kita untuk mempertimbangkan durasi pengeringan setelah pengaplikasian waterproofing agar fungsinya bisa berjalan dengan lebih lama dan maksimal.

Produk Waterproofing

  • Memilih yang Tahan Panas Matahari

Oleh karena atap lokasinya berada di bagian paling atas di rumah, maka dari itu, pastikan mempertimbangkan untuk memilih jenis waterproofing yang memiliki ketahanan baik terhadap sinar matahari. 

Dengan memilih produk yang menawarkan keunggulan tersebut, hal ini bisa membantu mencegah kebocoran pada atap terjadi dengan cepat.

  • Memilih Produk dengan Merek yang Tepercaya

Tips berikutnya yaitu sebaiknya memilih produk waterproofing yang berasal dari merek tepercaya. Salah satu produk waterproofing yang tepat untuk diaplikasikan pada atap dak beton yang terekspos ialah Sikalastic ®-590 Deckseal.

Produk satu ini menawarkan banyak sekali keunggulan menguntungkan yang bisa dirasakan. Keunggulan tersebut meliputi memiliki ketahanan yang baik terhadap air menggenang dalam durasi tertentu, memiliki ketahanan yang baik juga terhadap sinar UV, yellowing, beserta cuaca, dan tingkat elastisitas yang dimilikinya pun tinggi.

Tidak hanya itu, produk Sikalastic ®-590 Deckseal terdiri dari satu komponen yang sudah siap untuk diaplikasikan, tidak mengandung racun sesuai persyaratan VOC, serta daya rekatnya kuat, baik untuk permukaan berpori maupun tidak. Kemudian, produk andalan Sika ini juga bisa melepas uap air dari permukaan ke udara.

Untuk yang sedang mencari produk pelapis kedap air, khususnya untuk area atap dak beton yang terekspos, Sikalastic ®-590 Deckseal ini bisa menjadi pilihan yang tepat. Sebelum digunakan, pastikan menyimpannya di tempat yang tepat yaitu dalam kondisi kering dengan suhu sekitar 5 hingga 30 derajat celcius.

  • Mempertimbangkan Waterproofing sesuai Aplikasi

Tips terakhir yang tidak kalah penting yaitu perlu mempertimbangkan waterproofing sesuai aplikasinya. Dengan memilih produk yang sesuai dengan area pengaplikasiannya, maka fungsi dari produk tersebut akan bekerja dengan maksimal.

Kesimpulan

Ketika ingin mengaplikasikan produk pelapis kedap air untuk area atap, termasuk pada jenis atap dak beton yang terekspos, ada baiknya mempertimbangkan segala sesuatunya dengan matang terlebih dahulu.

Berdasarkan pembahasan di atas, tips yang sekiranya bisa dilakukan ialah dengan mempertimbangkan jenis atapnya, melakukan riset dan berkonsultasi dengan ahli, memilih produk tahan lama, tahan terhadap sinar matahari, hingga memilih produk dari merek yang tepercaya.

Dengan mempertimbangkan tips-tips tersebut, kita akan terbantu dalam menemukan produk pelapis kedap air yang tepat untuk atap dak beton exposed. Mengenai hal tersebut, Sika dengan produk Sikalastic ®-590 Deckseal bisa menjadi solusi terbaik yang bisa dipertimbangkan.

Sika sendiri telah memiliki pengalaman selama 113 tahun. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya proyek yang mempercayai solusi Sika, baik di dalam negeri maupun di luar negeri. Salah satu contohnya yaitu proyek Quito Metro di Ekuador. Jangan lupakan juga bahwa Sika pertama kali meluncurkan waterproofing semen di Indonesia.

Apabila tertarik dan ingin menggunakan produk waterproofing dari Sika, misalnya Sikalastic ®-590 Deckseal, bisa mendapatkan informasi lebih detailnya di sini.

You May Also Like

0 komentar

Haai...mohon dimaafkan kalau aku terlambat atau malah ngga balas komentar kalian, ya.