Melestarikan Kain Kayu Lantung Bengkulu, Alfira Oktaviani Raih Penghargaan Bergengsi

by - Oktober 15, 2024

Setiap daerah di Indonesia memiliki beragam budaya yang unik dan menarik, karena itulah Indonesia dikenal kaya akan budaya dan kerap menjadi destinasi wisata turis-turis mancanegara. Bahkan tak sedikit daerah di Indonesia yang lekat dengan budaya yang mengandung nilai historis. Seperti budaya kain Lantung khas Bengkulu misalnya.

Kehadiran kain Lantung sendiri tidak lepas dari kondisi kehidupan masyarakat Bengkulu pada zaman penjajahan Jepang. Di mana sebagian besar masyarakat berada di fase ekonomi yang sangat memprihatinkan. Sehingga untuk sekedar membeli pakaian pun mereka tak mampu.

Melestarikan Kain Kayu Lantung Bengkulu

Demi bisa memiliki pakaian, masyarakat pada masa itu mencoba untuk memanfaatkan alam. Salah satunya dalah dengan membuat kain dari kulit kayu. Beruntung, banyak kulit kayu di hutan Bengkulu yang bisa disulap menjadi kain. Mulai dari kulit pohon ibuh, kulit pohon kedui, kulit pohon karet, hingga kulit kayu terap atau sukun-sukunan yang juga dikenal dengan sebutan kayu lantung. Dari berbagai opsi tersebut, kulit kayu lantung adalah yang dianggap paling kuat, lentur, dan nyaman dijadikan sebagai bahan pakaian.

Meskipun zaman sudah modern dan ekonomi masyarakat Bengkulu sudah semakin mapan, namun masih ada masyarakat yang melestarikan kain lantung ini secara turun-temurun hingga sekarang. Pengrajin kain lantung tersebut, salah satunya dapat dijumpai di Desa Papahan, Kabupaten Kaur, Provinsi Bengkulu. Di desa ini terdapat kurang lebih 20 keluarga yang berprofesi sebagai pengrajin kain lantung.

Namun karena desakan ekonomi dan minat masyarakat pada kain lantung yang terus menurun dari waktu ke waktu, membuat para pengrajin beralih profesi hingga hanya menyisakan 1 keluarga saja. Untungnya, seorang mompreneur bernama Alfira Oktaviani yang sejak awal memang punya kecintaan pada fashion berbasis ecoprint menjadikan kain Lantung sebagai salah satu produk unggulannya.

Profil Alfira Oktaviani Founder Semilir Ecoprint.

Alfira Oktaviani adalah seorang mompreneur yang terjun ke bisnis fashion dan fokus pada produk-produk berkelanjutan (sustainable). Sebelum mengenal kain Lantung, mbak Fira sapaan akrab Alfira Oktaviani terlebih dahulu menekuni bisnis ecoprint.

Dia mendirikan Semilir Ecoprint pada tahun 2018 sebagai wadah untuk menyalurkan hobinya sekaligus untuk memberdayakan ibu-ibu rumah tangga yang ada di sekitar komplek perumahan yang dia tinggali di Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Selain mempekerjakan ibu-ibu rumah tangga di kompleks perumahannya, mompreneur inspiratif ini juga memberdayakan pemuda karang taruna guna mencari formulasi yang tepat untuk membuat berbagai macam motif alami di atas permukaan kain.

Hasilnya, mereka bisa memproduksi berbagai produk fashion seperti, tas, dompet, syal, dress, sajadah, masker, outer, dan berbagai macam dekorasi rumah, yang kesemuanya menggunakan motif ecoprint. Pada akhir 2019, mbak Fira mendapatkan sebuah hadiah unik dari Ayahandanya yakni kain Lantung Bengkulu. Saat itu, sang Ayah memintanya untuk mencoba menerapkan ecoprint di atas kain lantung tersebut.

Seperti biasa, sebelum menerapkan ecoprint pada sebuah kain, mbak Fira biasanya akan melakukan sejumlah riset untuk mengetahui karakteristik kain tersebut supaya hasilnya maksimal. Ketika melakukan riset inilah mbak Fira mengetahui berbagai informasi penting seputar kain Lantung. Mulai dari asal-usulnya, cara pembuatannya, pemasarannya, serta fakta bawah kain lantung telah ditetapkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia sebagai Warisan Budaya Tak Benda Indonesia dari Provinsi Bengkulu pada tahun 2015 silam.

Setelah sukses menerapkan ecoprint pada kain Lantung. Mbak Fira kemudian membuat beberapa produk berbasis kain Lantung dan ecoprint. Setelah mencoba melakukan tes pasar. Tak dinyana, sambutan para customer sangat positif. Sejak itu, Mbak Fira tertarik untuk menjadikan kain lantung sebagai project khusus. Pasalnya, kain yang terbuat dari bahan alami ini, selain memiliki nilai historis, juga merupakan salah satu warisan budaya yang perlu dilestarikan, mengingat keberadaannya yang semakin langka.

Proses Pembuatan Kain Kayu Lantung.

Demi bisa mengetahui proses pembuatan kain kayu lantung, mbak Fira tak ragu untuk terbang langsung ke Bengkulu. Dari Kota Bengkulu, dia masih harus menempuh perjalanan sejauh 250 km agar bisa sampai di pusat pengrajin kain lantung yang berada di Desa Papahan, Kecamatan Kinal, Kabupaten Kaur.

Di sana ia menyaksikan sendiri bagaimana pengrajin membuat kain lantung. Mulai dari proses pencarian kulit kayu hingga produksi. Menurut cerita mbak Fira, untuk bisa menghasilkan selembar kain Lantung, para pengrajin terlebih dahulu harus mencari kulit pohon terap yang sudah berumur minimal 5 tahun di hutan.

Semakin tua umur pohon, maka kain yang dihasilkan akan semakin baik dan semakin ulet. Kulit kayu yang dikupas dari batang pohon terap selanjutnya akan ambil bagian tengahnya saja. Kulit kayu tersebut selanjutnya akan dipukul berulang kali dengan menggunakan alat yang disebut perikai--terbuat dari kayu atau tanduk kerbau. Proses pembuatan kulit kayu menjadi lembaran-lembaran tipis yang halus dan lembut ini umumnya dilakukan oleh para wanita.

Setelah menjadi lembaran yang tipis dan lebar serta lembut, kain kayu lantung ini selanjutnya akan diangin-anginkan sampai kering, sebelum siap untuk dijual.

Pengrajin Kain Lantung Semakin Langka.

Jumlah pengrajin kain Lantung di Bengkulu terus mengalami penurunan dari waktu ke waktu. Saat berkunjung ke Desa Papahan, mbak Fira menemukan kenyataan bahwa pengrajin kain Lantung yang tadinya berjumlah sekitar 20 keluarga, kini hanya tersisa 1 keluarga saja.

Langkanya pengrajin kain Lantung Bengkulu disebabkan oleh permintaan dan harga kain Lantung yang terus merosot dari waktu ke waktu. Jika tidak ada lagi yang menjadi pengrajin kayu Lantung, lambat laun kain khas ini pun akan punah dan tinggal sejarah. Karena itulah, mbak Fira menawarkan kerjasama untuk menggairahkan kembali semangat para pengrajin yang sebelumnya mulai terkikis.

Jika sebelumnya para pengrajin menggantungkan asa mereka pada toko online, kini mereka bisa langsung menjual hasil kerajinan kain lantung mereka ke Semilir Ecoprint di Yogyakarta dengan harga yang lebih menjanjikan. Setiap 3 bulan, para pengrajin akan mengirimkan hasil kain lantung buatan mereka antara 50 sampai dengan 100 lembar. Dengan adanya kerjasama ini, para pengrajin lagi merasa khawatir dengan pemasaran kain Lantung karena sudah ada Semilir Ecoprint yang siap membeli hasil kerajinan mereka.

Usaha Pelestarian Kayu Lantung.

Agar para pengrajin yang ada di desa Papahan tetap bisa menghasilkan kerajinan kain Lantung, mbak Fira melalui Semilir Ecoprint juga berusaha untuk menjalin kerjasama dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI sebagai upaya untuk menyediakan bibit pohon kayu lantung.

Menerima Penghargaan SATU Indonesia Award.

Selain sukses mengenalkan kain Lantung dan ecoprint ke berbagai belahan dunia melalui berbagai macam produk Semilir Ecoprint, mbak Fira juga pada akhirnya terpilih sebagai salah satu finalis pada ajang SATU Indonesia Awards pada Tahun 2022 yang lalu.

Keberhasilan Alfira Oktaviani menyabet gelar bergengsi sebagai salah satu penerima penghargaan Award dari Astra International Tbk tersebut tidak lepas dari kegigihannya dalam menjaga warisan budaya kain Lampung khas Bengkulu. Plus, konsep sustainable fashion yang diusungnya dalam mendirikan Semilir Ecoprint turut meningkatkan perekonomian masyarakat di sekitarnya.

Nah, kalau kamu adalah salah satu anak bangsa yang punya Andil dalam memajukan masa depan bangsa di bidang teknologi, kesehatan, lingkungan, wirausaha, dan pendidikan, jangan ragu untuk mendaftarkan diri kamu sebagai calon finalis SATU Indonesia Awards selanjutnya di https://www.astra.co.id/satu-indonesia-awards.

sumber foto:
https://nasional.tempo.co/
https://www.goodnewsfromindonesia.id/


You May Also Like

0 komentar

Haai...mohon dimaafkan kalau aku terlambat atau malah ngga balas komentar kalian, ya.