Menghidupkan Kembali Kearifan Lokal di Era Digital Melalui Kampung Lali Gadget

by - Oktober 22, 2024

Kalau ditelusuri, kehadiran smartphone berbasis Android dan iOS di Indonesia sudah berlangsung lebih dari satu dekade. Tapi meski usianya tergolong cukup muda, namun penetrasinya di masyarakat justru luar biasa.

Menurut data dari Kompas.com, pada tahun 2023 lalu, setidaknya ada 354 juta ponsel atau handphone yang aktif di tanah air. Jumlah tersebut jauh melampaui jumlah total penduduk Indonesia yang pada saat itu berjumlah 278 juta jiwa.

Achmad Irfandi Pelopor Kampung Lali Gadget

Sebenarnya hal tersebut tidak begitu mengherankan mengingat, karena di era sekarang, bukan sesuatu yang aneh apabila seseorang punya satu atau dua hp. Masifnya penetrasi ponsel pintar di masyarakat turut berimbas pada penggunaan ponsel di kalangan anak-anak. Bukan cuma karena tren, tapi juga karena transformasi fungsi hp itu sendiri.

Gadget yang tadinya cuma dipakai untuk komunikasi, sekarang mulai lebih sering digunakan untuk mengakses informasi, belajar, bersosialisasi, bermain game, hingga mengakses hiburan. Karena itu, tidak heran apabila anak-anak sangat mudah kecanduan gadget.

Perjuangan Berat Emak-Emak Mencegah Anak-Anak Main Gadget.

Mencegah anak-anak agar tidak kecanduan gadget di era digital, nyaris seperti misi yang hampir mustahil (mission impossible).

Bukan cuma karena anak-anak sangat mudah kecanduan dengan berbagai permainan dan tontonan yang hadir di gadget, tapi juga karena kondisi ibu itu sendiri.

Sebagai seorang ibu, entah itu yang berprofesi sebagai ibu rumah tangga ataupun wanita karir, terlebih jika ia punya beberapa anak, bisa dipastikan akan kesulitan untuk mengatur waktu dan energi mereka buat anak-anak.

Dalam kondisi tertentu, gadget seringkali dianggap sebagai “penyelamat.” Entah itu, untuk sekedar mendiamkan anak yang rewel atau untuk membuat anak agar nggak kemana-mana sehingga tidak perlu diawasi.

Aku yakin, banyak emak-emak di sini yang pasti sering memberikan anak-anak mereka gadget saat mereka sedang sibuk di dapur, saat butuh waktu untuk beristirahat, atau saat ingin konsentrasi pada aktivitas yang dilakukannya.

Lama kelamaan, anak-anak pun jadi kecanduan dan sulit dipisahkan dari gadget. Bahkan, tidak sedikit anak-anak yang sengaja merengek atau tantrum agar diberikan kesempatan bermain gadget.

Kondisi tersebut tentu saja sangat mengkhawatirkan. Mengingat, bermain gadget dapat memberikan dampak negatif bagi fisik maupun mental serta kemampuan bersosialisasi anak.

Anak-anak yang terlalu sering bermain gadget, akan lebih mudah mengalami gangguan pada kesehatan fisik mereka. misalnya, gangguan penglihatan, perubahan postur tubuh, dan dapat juga menyebabkan obesitas hingga resiko jantung di masa depan.

Nggak cuma itu, anak-anak yang kecanduan gadget juga seringkali mengalami gangguan pola tidur, perkembangan kognitifnya lambat kesulitan berkomunikasi, kurang empati dan bahkan bisa mengalami perkembangan moral dan emosional yang buruk akibat konten-konten dewasa yang mereka akses.

Achmad Irfandi Pelopor Kampung Lali Gadget

Melawan Kecanduan Gadget dengan Pendekatan Holistik.

Aku yakin, banyak emak-emak di luar sana yang sudah mencoba berbagai cara untuk mengurangi screen time anak-anak mereka agar tidak kecanduan gadget. Mungkin ada yang berhasil, tapi yang pasti, banyak juga yang gagal.

Nah, kalau merasa kesulitan untuk mengatasi masalah kecanduan gadget pada anak-anak, yuk cobain pendekatan holistik seperti yang dilakukan oleh Achmad Irfandi. Seorang pemuda asal Sidoarjo yang merasa gelisah melihat kondisi anak-anak di kampungnya yang lebih memilih nongkrong di warung kopi untuk nebeng wifi ketimbang bermain bersama teman-teman sebayanya.

Untuk mengalihkan perhatian anak-anak dari gadget, ia mencoba memperkenalkan berbagai permainan tradisional dengan menyiapkan tempat bermain khusus yang menyenangkan, yang ia sebut sebagai “Kampung Lali Gadget.”

Menghidupkan Kembali Kearifan Lokal di Era Digital Melalui Kampung Lali Gadget.

Jadi, alih-alih menawarkan solusi instan seperti “detox digital,” Achmad Irfandi yang akrab disapa Mas Irfandi justru mengedepankan kearifan lokal untuk mengobati kecanduan gadget pada anak-anak.

Menurutnya, budaya lokal dapat menjadi penyeimbang di tengah derasnya arus globalisasi digital.

Di Kampung Lali Gadget, anak-anak akan diajak mengenal dan memainkan berbagai permainan tradisional yang mungkin tidak pernah mereka temukan dalam kehidupan mereka sehari-hari.

Mulai dari bermain egrang, engklek, lompat tali, bermain gasing, benteng-bentengan, bermain pasir, menangkap ikan di sawah, membuat layang-layang, bermain congklak, dan masih banyak permainan-permainan tradisional yang sebenarnya bisa mengalihkan perhatian anak-anak dari gadget.

Menghidupkan Kembali Kearifan Lokal di Era Digital Melalui Kampung Lali Gadget

Siapapun yang masuk ke Kampung Lali Gadget tidak boleh membawa gadget dalam bentuk apapun. Entah itu, hp, kamera, atau yang lainnya. Jadi, sebelum masuk, pengunjung wajib menitipkan gadget mereka di tempat penitipan yang telah disediakan.

Bukan berarti anak-anak diajari untuk menghindari teknologi, melainkan, mereka diarahkan agar tidak menjadikan gadget sebagai pusat kehidupan.

Melalui Kampung Lali Gadget, anak-anak tidak hanya dibantu untuk terlepas dari kecanduan gadget, tapi juga akan diajak mengenal berbagai kearifan lokal berupa budaya khas Indonesia yang mulai terlupakan karena perubahan zaman tanpa mereka sadari.

Perjalanan Achmad Irfandi Meraih SATU Indonesia Awards.

Berbekal lahan pinjaman, Mas Irfandi mulai membangun Kampung Lali Gadget (KLG). Pada awalnya, ia terpaksa harus mengundang anak-anak sekolah agar mau datang ke KGL.

Anak-anak yang datang ke KGL akan diajak untuk memainkan berbagai permainan tradisional yang seru dan mengasyikkan. Mereka juga akan diajak berkebun atau mengeksplorasi alam, serta melakukan berbagai aktivitas kreatif.

Seiring waktu, KGL semakin banyak dikenal dan semakin sering didatangi oleh anak-anak. Tidak hanya anak-anak kampung setempat, tapi juga anak-anak dari sekitaran Sidoarjo hingga luar daerah.

Dedikasi dan kerja kerasnya perlahan mulai menunjukan hasil yang menggembirakan. Tak hanya berhasil membantu anak-anak kembali menemukan dunia mereka tanpa gadget, tapi, Mas Irfandi juga berhasil menjadikan KLG sebagai pusat konservasi budaya.

Kehadiran KLG bahkan bisa memberikan dampak positif bagi masyarakat di sekitarnya. Di mana, semakin banyak masyarakat yang terlibat dan menjadikan kehadiran KLG sebagai peluang untuk memperoleh penghasilan tambahan.

Atas kontribusinya tersebut, Achmad Irfandi kemudian dianugerahi SATU Indonesia Awards oleh Astra. Penghargaan tersebut merupakan bentuk apresiasi Astra atas dedikasi Achmad Irfandi dalam mencetuskan solusi guna membantu anak-anak terlepas dari kecanduan gadget.

sumber foto: https://www.instagram.com/gnfi/

You May Also Like

0 komentar

Haai...mohon dimaafkan kalau aku terlambat atau malah ngga balas komentar kalian, ya.